SISTEM DAN ORGAN PERNAPASAN PADA MANUSIA

    Sistem pernapasan adalah kumpulan organ-organ yang membantu manusia dalam proses bernapas. Sistem pernapasan membantu tubuh menyerap oksigen dan membuang karbon dioksida melalui hembusan napas.



Berikut ini organ-organ pernapasan manusia :

1. Hidung

Hidung merupakan organ pertama yang dilalui udara dalam proses pernapasan. Awalnya, uadra masuk melalui lubang hidung. Lalu, di dalam rongga hidung terdapat rambut-rambut tebal dan pendek. Rambut-rambut ini berfungsi untuk menyaring udara dan kotoran yang masuk ke lubang hidung. Setelah itu, udara melewati selaput hidung. Selaput hidung berfungsi untuk melembapkan udara yang masuk ke hidung.

2. Faring

Faring merupakan organ persimpangan antara saluran pernapasan dan saluran pencernaan. Lebih tepatnya, saluran pernapasan bagian depan dan saluran pernapasan bagian belakang.


3. Laring

Laring juga dikenal dengan istilah jakun atau tekak. Organ pernapasan ini terletak di bagian belakang faring. Laring terdiri atas Sembilan tulang rawan. Untuk bentuknya, laring memiliki bentuk kotak. Laring merupakan organ berongga yang bisa mengeluarkan suara saat udara masuk dan keluar.


4. Trakea

Trakea juga dikenal dengan istilah batang tenggorokan,.Organ penapasan ini memiliki sebuah jaringan yang disebut silia. Jaringan silia dalam trakea biasanya akan bergerak dan mendorong benda-benda lain. Dalam trakea, jaringan silia ini memiliki fungsi mengusir kotoran, debu-debu, dan bakteri yang masuk ke dalam trakea.


5. Bronkus

Dalam sistem pernapasan bronkus terbagi menjadi dua bagian, yaitu bronkus kiri dan bronkus kanan. Letak bronkus terdapat di percabangan trakea.


6. Bronkiolus

Bronkiolus adalah percabangan dari bronkus. Fungsi bronkiolus adalah membantu proses distribusi udara di dalam paru-paru. Bronkiolus akan mengalirkan udara menuju alveoli. Di mana, alveoli merupakan tempat pertukaran oksigen dengan karbondioksida.


7. Alveolus

Organ terakhir adalah alveolus. Alveolus ini memiliki bentuk seperti anggur. Alveolus terletak dalam paru-paru manusia. Lebih, tepatnya dikelilingi oleh kapiler-kepiler darah. Bisa dikatakan alveolus berada di tempat yang penting. Karena paru-paru merupakan tempat bertukarnya oksigen atau O2 dan karbon dioksida atau CO2


    Proses Pernapasan Manusia

Proses pernapasan manusia dimulai ketika udara masuk ke dalam tubuh, Lalu, melalui hidung dan masuk ke dalam batang tenggorokan. Batang tenggorokan itu terletak di belakang hidung dan mulut. Setelah sampai ke batang hidung, lalu udara masuk ke paru-paru. Di dalam paru-paru, udara yang berupa oksigen tesebut diserap ke dalam pembuluh darah halus. Untuk didistribusikan ke seluruh tubuh melalui darah. Sebaliknya, udara berupa karbon monoksida (CO2) dari pembuluh darah akan dipisahkan dan dibuang oleh tubuh. Pembuangan tersebut dilakukan dengan cara menghembuskan napas.

Nah, itulah tadi 7 organ pernapasan dalam sistem pernapasan manusia, Ada hidung, faring, laring hingga alveolus yang terletak dalam paru-paru manusia.




(Sumber: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 2, Kelas 5 SD ,https://bobo.grid.id/read/082852195/sistem-dan-organ-pernapasan-pada-manusia-materi-kelas-5-sd-tema-2?page=all ,  gambar :https://i.pinimg.com/originals/40/13/59/4013591d1ccf20488bc6b1ba8f82c240.png )